Minggu, 23 Juli 2017

Google I/O Extended Bogor Ajak Generasi Milenial Jadi Solusi Masyarakat




Teknologi tidak lagi bersifat mercusuar dan sulit digapai awam. Kini teknologi membumi dan berkembang untuk kemaslahatan orang banyak. Ya, teknologi untuk masyarakat yang mengisi kebutuhan-kebutuhan lingkungan sekitar. Semangat ini yang juga ditularkan GDG Bogor "Google I/O Extended Bogor", SMK Adi Sanggoro, Dramaga, Bogor Jawa Barat (22/7/17), yakni memicu generasi milenial untuk tergerak menjadi solusi bagi lingkungannya lewat keahlian menyandi (coding).



Dekatkan Jarak

"Harapan dari acara ini bukan sekadar peserta datang dan tahu apa yang baru, dengan menguasai ilmu, mereka bisa create sesuatu untuk orang-orang sekitar rumahnya, bantu banyak orang. Solusi-solusi sederhana tapi bermanfaat untuk orang-orang sekitar,” jelas Nurendratoro, akrab dipanggil Rendra, salah seorang fasilitator.

Misal, membuat tombol yang berfungsi memberi peringatan sekitar RT/ RW kalau ada kemalingan dan kebakaran. memasang video keamanan dengan username khusus warga. Atau memberi informasi jalan akses keluar-masuk kampung, menyajikan kondisi terkini memungkinkan warga menentukan pilihan perlu keluar atau tidak.

Usai seminar, kegiatan berlanjut dengan lokakarya, codelabs yang dibagi beberapa kelas minat  antara lain; Android Java, Android Kotlin, Androidthings, TensorFlow, dan Chromecast SDK.

Diakui Rendra, aktivitas ini juga merupakan upaya mendekatkan antara kurikulum sekolah dengan kebutuhan industri teknologi saat ini.

“Sekolah Teknik informatika dan Universitas baru mengadopsi bagaimana bikin aplikasi android, itu juga masih pakai java. Kadang industri dengan akademi terlalu jauh gap-nya. Kita mengadakan acara seperti ini supaya pas mereka lulus bisa diserap industri,” pungkas Rendra, 

Setelah acara rutin tahunan Google I/O diselenggarakan  di Amerika Serikat (17 - 19 Mei 2017), kini acara satelitnya Google I/O Extended diselenggarakan di Bogor. Google I/O Extended 2017 Bogor membahas mengenai rekap Google I/O 2017 beserta 5 topik utama: Kotlin, TensorFlow, Google Assistant, Cast SDK and Androidthings.

Menarik bagaimana para peserta workshop antusias mengikuti kegiatan ekstra yang jarang bisa mereka dapatkan di jam sekolah. Berbekal koneksi internet, mereka tekun mengikuti panduan, trik, dan tips yang diberikan. Dukungan jaringan yang kuat sangat berpengaruh demi kelancaran proses belajar mengajar. Dengan koneksi ngebut, XL memberi semua kebutuhan dengan pilihan paket internet dan sejumlah bonus sehingga belajar pun makin nyaman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar