Senin, 10 Juli 2017

Awas “Bocor Halus” Di Keuanganmu!


Punya gaji, ada pendapatan, tapi belum akhir bulan sering sudah habis. Atau malah belum waktunya gajian lagi, tapi dompet sudah tipis. Wapada, jangan-jangan “bocor halus” sedang mengembosi roda keuangan kita. FInancial Planner (Perencana Keuangan), Wulansari mengingatkan agar akan hal tersebut. “Punya gaji tapi tiap akhir bulan kehabisan. Atau belum gajian lagi tapi sudah habis. Senang belanja barang bagus, sering ngobrol di kafe, belanja online, tapi tabungan tidak ada. Kalau uangnya ada tidak apa. Tapi dilihat, tujuan lain yang lebih penting sudah tercapai atau belum,” ungkapnya.

Bijak Pilih Operator

Pada kesempatan seminar membahas Smart Financial Planning (Perencanaan Keuangan Cerdas) beberapa waktu lalu, Wulan memaparkan, dalam tahap awal perencanaan, dilakukan financial check up lebih dulu. Yakni mengecek kesehatan dalam alur pemasukan dan pengeluaran keuangan rutin kita.

Financial check-up. Rasio-rasionya sehat atau belum. Kalau belum, sehatkan dulu. Langkah apa yang harus dilakukan supaya jadi sehat? Lunasi utang, ketatkan pengeluaran, tambah side job, misalnya. Bagaimana supaya kondisi sehat dulu. Kalau sudah, selanjutnya ke Tujuan Keuangan,” tuturnya.  

Melakukan perencanaan keuangan memungkinkan alokasi pengeluaran jelas dan transparan hingga dapat meminimalisir timbulnya bocor halus. Nah, dalam upaya pangkas pengeluaran ini, bocor halus dapat diidentifikasi. Biasanya menyangkut gaya hidup.

“Bocor halus biasanya di lifestyle. Kita merasa; engga kok, engga boros. Maksudnya hemat, tapi dalam hal lain, misal ada tawaran buku atau gadget, selalu pengen makan enak, jajan, beli air mineral atau gorengan tiap hari. Coba dicek bocor halusnya di mana,” imbuhnya.

Jika ditelusuri lebih seksama, salah pilih operator telekomunikasi seluler juga bisa menyebabkan bocor halus, terutama dalam berlangganan paket internet. Kita pilih yang ngebut koneksinya, tapi kantong jebol karena harga paket terlalu mahal. Atau kita pilih yang paling murah tarifnya, tapi koneksi malah lambat, kita jadi sering menambah kuota, produktivitas pun terhambat akibat internet lemot, yang berujung pada kerugian materil lain. 

Jadi bagaimana dong? Tenang. Pilih yang menyediakan semua kebutuhan kita; harga paket ramah di saku, sinyal kuat dan koneksi lancar, serta memberikan segudang keuntungan. Pilih XL XTRA COMBO yang hadir dengan berbagai paket sesuai kebutuhan dan berlimpahan kuota. Semua sudah termasuk Youtube Tanpa Kuota, Gratis nelpon ke operator lain, dan gratis langganan  Genflix, Yonder, dan Tribe.

4 komentar:

  1. Bocor halus ini emang berbahaya. Kecil keluarnya tapi sering. Aku jg baru sadar masalah ini kok. Awalnya suka beli gorengan. Murah sih 5000 dpt banyak. Tp kok sering belinya. Jadinya ya tetap boros. Pulsa jg gt. Sekali beli cuma 25rb, eh tp seminggu bisa 2-3x beli. Sama aja abisnya. Itu makanya skr saya milih XL yg bs telp dan sms gratis. Jadi pulsa difull-kan cuma buat beli paket data. Hemat bgt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pilihan bijak kakak.. XL emg udah paling tepat deh

      Hapus
  2. Kalo bisa dapat yg banyak bonusnya, kenapa pilih yg tukang PHP ya mba. XL emang banyak banget bonusnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi sob, banyak bonus, banyak untung, bocor halus bisa dihindari

      Hapus