Jumat, 27 Mei 2016

Tokopedia Tech a Break #12 : Semua Data Dipegang Tim IT

Dalam sesi Tech a Break #12: "Driving Growth through Digital Marketing" By Tokopedia, Wisma 77 Slipi, Jakarta [24/5/16], Marketing & Sales Lead, Telkomsel MSIGHT, Marvin Mahadharma Muditajaya mengungkapkan, dalam mencari konsumen potensial untuk target campaign, pemasaran lewat digital juga dapat menyeleksi dari konsumen pengguna kartu kredit. Bisa dari notifikasi sms. Pertanyaan pun muncul dari seorang peserta: bagaimana dengan  privasi dan keamanan bagi pengguna? Bukankah data pengguna dienkripsi?




Dari kata kunci saja

Marvin menjawab, kalau dari sisi enkripsi, pihaknya punya beberapa tingkatan enkripsi sehingga tidak membaca semua sms yang ada di jaringannya. Karena mereka hanya menyeleksi kata kunci yang relevan saja dan menghindari spamming.

“Jadi cara melakukannya tidak dengan membaca konten sms satu persatu. Tapi kami hanya memilih keyword yang berkaitan yang bersifat predefine dari diskusi dengan klien. Semua yang unofficial tidak akan diambil karena itu semua spamming,” imbuhnya.

Lebih lanjut Marvin memaparkan, data hanya dapat diakses satu sumber yaitu Information and Technology (IT) yang memastikan semua data aman terkunci. Jadi tidak bisa dibaca semua orang.

“Kami saja tidak bisa baca. Jadi data itu memang di-keep very strictly confidential oleh tim IT. Semua data yang kami miliki, source-nya cuma satu: IT. Jadi IT sangat strategis karena mereka keep all the data safe. Bahkan klien tak akan tahu konten sms, bahkan data individual. Kecuali subscriber menyerahkan data mereka secara sengaja dengan keinginan mereka sendiri melalui jaringan kami. Jadi, rest assure tidak apa, tidak akan ke mana-mana data ini,” pungkasnya.

Tokopedia Technical Architect, Supreet Sethi membagi pengalaman bagaimana memperluas keterlibatan pengguna demi menciptakan pengalaman menyenangkan berbelanja atau menggunakan jasa, dapat meningkatkan jumlah konsumen. Misal, selain mendapatkan tiket kereta api, konsumen juga mendapatkan fitur menarik yang mendukung kenyamanan perjalanan. Kata kuncinya: daya tarik (traction). Sebisa mungkin memiliki daya tarik yang berbeda dari kompetitor. 

Techabreak by Tokopedia adalah ajang berbagi pengalaman dan saran tingkat lanjut yang diramu dalam diskusi panel menarik dengan para praktisi dalam berbagai tema termasuk pemasaran digital, mendongkrak bisnis startup, meningkatkan pertumbuhan, dan wawasan tentang tren masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar