Jumat, 21 Juni 2013

Sebelum Tewas, Hastings Kontak Wikileaks


"Michael Hastings menghubungi Pengacara Wikileaks, Jennifer Robinson beberapa jam sebelum kematiannya, mengatakan FBI sedang menyelidikinya". Demikian kicau Wikileaks di akun resmi twitternya pada 19 Juni 2013  pukul 03:07 PM  waktu setempat.






Jurnalis Gigih

Seperti diketahui, Michael Hastings tewas dalam kecelakan mobil di Hancock Park, Los Angeles dini hari 18 Juni 2013. Pewarta untuk Buzzfeed dan Editor di Rolling Stone ini sedang mengendarai Mercedes-Benz lalu menabrak pohon dan  mobilnya meledak.

LOUDLABS NEWS, media penyedia footage video untuk aktivitas di lingkungan Los Angeles, mengatakan fotografernya sempat mengabadikan dengan dashboard camera (dash-cam), detik-detik terjadinya kecelakaan Hastings. Saat sedang berhenti di parkiran pom bensin di Highland & Santa Monica Blvd, ia melihat sebuah Mercedes Benz-yang belakangan diketahui dikemudikan Hastings-dipacu dengan kecepatan tinggi, melewati lampu lalulintas mengarah selatan menuju Highland. Tempat kejadian perkara terletak beberapa blok dari Melrose Ave.

Sang fotografer tidak melihat apakah mobil tersebut menerobos lampu merah. Lalu ia menuju Santa Monica Blvd. Tiga puluh detik setelahnya, terdengar panggilan di  radio tentang kecelakaan di sekitar Melrose Ave. Ia pun langsung menuju sumber kejadian. Total 4 menit lamanya sejak mercedez tersebut tertangkap dash-cam hingga ia melihat kobaran api dan tiba di TKP. Ia mendapati seorang penghuni rumah sedang memadamkan mobil terbakar dengan selang air lalu bertanya apakah ada orang di dalamnya.

Michael Hastings dikenal sebagai jurnalis yang sangat gigih dan berani. Namanya makin populer sejak artikelnya di Rolling Stone: ‘The Runaway General’, sebuah profil tentang komandan tertinggi Amerika di Afganistan, Jenderal Stanley McChrystal, menyebabkan  Presiden Barack Obama memecat Komandan Pasukan Bantuan Keamanan Internasional NATO (ISAF) di Afganistan tersebut. (ark)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar